Thursday, November 19, 2015

PENCARIAN WARNA CAT SERUPA BERDASARKAN SPEKTRUM WARNA RGB DAN HSV MENGGUNAKAN METODE K-MEANS CLUSTERING

Latar Belakang

Cat adalah suatu cairan yang terdiri dari bermacam-macam warna yang dipakai untuk melapisi permukaan suatu bahan dengan tujuan memperindah, memperkuat atau melindungi bahan tersebut,warna cat merupakan salah satu unsur penting yang menentukan sisi keindahan, salah satu penggunaan cat adalah cat tembok, saat ini untuk memperoleh warna cat yang akan dibeli masyarakat menggunakan katalog manual sebagai acuan warna cat yang dibeli, semakin banyak macam warna yang ada didalam katalog membuat bingung calon pembeli untuk menentukan warna yang diharapkan, seiring berkembangnya teknologi berbasis komputer tugas akhir ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam menetukan pemilihan cat sesuai keinginan hanya dengan membawa sampel gambar yang akan dibeli.
Permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat pada saat ini yaitu dalam pembelian cat tembok dengan warna baru atau membeli cat tembok dengan warna yang sudah ada masih menggunakan katalog manual sebagai panduan dalam menentukan warna cat yang dipilih, semakin banyak pilihan warna dalam katalog yang ada justru malah membuat bingung calon pembeli dalam menentukan pilihan warna cat yang dikehendaki.
K-Means merupakan salah satu metode pengelompokan data non hirarki yang dalam prosesnya mempartisi data yang ada ke dalam bentuk satu atau lebih kelompok. Metode ini mempartisi data ke dalam kelompok sehingga data yang memiliki karakeristik sama dikelompokkan ke dalam satu kelompok yang sama dan data yang memiliki karakteristik berbeda dikelompokkan ke dalam kelompok yang lain.
Solusi dalam permasalahan diatas dengan adanya tugas akhir ini akan dibuat sebuah sistem pencarian warna cat serupa dengan spectrum warna RGB (Red Green Blue) dan HSV (Hue Saturation Value) menggunakan metode K-means yang diharapkan bisa membantu mempermudah dalam pencarian warna sesuai dengan keinginan.

Rumusan Masalah

Rumusan masalah dalam tugas akhir ini adalah bagaimana membuat sistem untuk membantu mempermudah dalam pemilihan warna cat dengan pengolahan citra dan algoritma K-means untuk pencarian warna cat serupa.

Batasan Masalah

Batasan masalah pada penelitian ini adalah sebagai berikut :
1. Warna cat yang diproses adalah cat tembok.
2. Data diperoleh dari website resmi dari pabrik cat dulux sebagai data latih.
3. Data yang dijadikan sebagai data latih sebanyak 308 jenis warna.
4. Data uji diperoleh dari hasil pengambilan gambar dari kamera yang di crop dengan ukuran 78             x78 piksel.
5. Spektrum warna yang digunakan adalah nilai RGB dan HSV.

Tujuan Penelitian

Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan pengolahan citra berdasarkan RGB (Red Green Blue), HSV (Hue Saturation Value ) dan menggunakan algoritma K-means untuk pemilihan warna cat serupa.

Metode Penelitian

Pembuatan program aplikasi pada tugas akhir ini mengikuti langkah-langkah pengembagan perangkat lunak model waterfall (air terjun). Waterfall  model mengambil kegiatan proses dasar seperti spesifikasi, pengembangan, validasi dan evolusi, Dengan uraian sebagai berikut : 

Analisa dan definisi persyaratan

Pada analisa kebutuhan sistem membahas beberapa kebutuhan dan atau persyaratan terkait dengan input, proses dan output, Kebutuhan atau persyaratan ini diperoleh berdasarkan data  dari salah satu perusahaan cat yang diakses melalui internet. 

Perancangan sistem dan perangkat lunak

Proses perancangan atau desain meliputi penyusunan blok-blok program untuk memudahkan pada saat penulisan program (coding) dan perancangan antarmuka program (user interface) untuk keperluan interaksi sistem dengan pengguna (user). Secara umum desain perangkat lunak mempertimbangkan dari sisi pengguna, yaitu tampilan anrarmuka dan proses perhitungan atau komputasi dengan benar. 

Implementasi dan pengujian unit.

Pada tahap ini perancangan perangkat lunak direalisasikan sebagai serangkaian program atau unit program. Proses penulisan program dilakukan secara modular sesuai dengan pembagian blok-blok program pada langkah perancangan atau desain sistem menggunakan bahasa pemrograman tertentu.

Pengujian sistem

Unit program atau program individual diintegrasikan menjadi sebuah kesatuan sistem dan kemudian dilakukan pengujian. Pengujian ini ditujukan untuk menguji keterhubungan dari tiap-tiap fungsi perangkat lunak untuk menjamin bahwa persyaratan sistem telah terpenuhi dan untuk memastikan tidak ada error pada program yang dibuat.

Operasi dan pemeliharaan 

Sistem yang diterapkan kepada user dan pemeliharaan mencakup koreksi dari beberapa kesalahan yang tidak diketemukan pada tahap sebelumnya, perbaikan atas implementasi unit sistem dan pengembangan pelayanan sistem, sementara persyaratan-persyaratan baru ditambahkan serta menambahkan jika ada perkembangan terbaru pada program.

Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan laporan tugas akhir ini dijadikan sebagai kerangka penulisan dalam mencapai tujuan penulisan tugas akhir sesuai dengan apa yang diharapkan, dengan uraian  sebagai berikut:

BAB I PENDAHULUAN

Berisi tentang gambaran latar belakang masalah, perumusan masalah, batasan masalah, tujuan penelitian, metodologi penelitian, sistematika penulisan dan jadwal pelaksanaan.

BAB II TINJAUAN PUSTAKA

Memuat  tentang intisari dari permasalahan, variabel masalah, solusi yang ditawarkan, metode untuk menyelesaikan, dan hasil dari penelitian sebelumnya. 

BAB III TEORI PENUNJANG

Meliputi uraian yang menunjang sebagai landasan teori yang berisi tentang gambaran umum objek yang bersangkutan, pengertian-pengertian dasar dan teori-teori yang berhubungan dengan masalah yang akan dibahas dalam tugas akhir ini sebagai landasan bagi pemecahan yang diusulkan.

BAB  IV ANALISIS DAN DESAIN SISTEM 

Berisi tentang analisis terhadap masalah yang diselesaikan dan perancangan sistem yang dibuat. Sistematika yang disajikan meliputi penyampaian masalah, spesifikasi kebutuhan sistem, data yang diolah dan contoh perhitungan, desain sistem DFD,  flowchart dan desain anatarmuka perangkat lunak.

BAB V IMPLEMENTASI SITEM

Merupakan realisasi dari desain di bab 4 dan implementasi sistem dengan menyajikan antarmuka perangkat lunak serta koding program.

BAB VI PENGUJIAN DAN PEMBAHASAN HASIL

Berisi tentang pengujian yang dilakukan, tampilan program dan analisa hasilnya. Bagian pertama bab ini berisi printscreen antarmuka ketika diuji dengan variasi masukan, dibagian kedua disajikan hasil-hasil pengujian dan analisis keseluruhan pengujian yang sudah dilakukan.

BAB VII KESIMPULAN DAN SARAN

Bab ini berisi mengenai kesimpulan yang diperoleh dari hasil penganalisaan data dari bab-bab sebelumnya. Dimana berisi tentang saran-saran yang diharapkan bermanfaat serta mengembangkan isi laporan tersebut sesuai dengan tujuan penulisan laporan tuga akhir.

Jadawal Kegiatan








0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

Post a Comment