Wednesday, January 2, 2013

Makalah Tugas Administrator Jaringan



Pendahuluan
Segala puji kita panjatkan kepada tuhan Yang Maha Esa yang telah memberi kemudahan sehingga makalah ini dapat selesai tepat pada waktunya.Makalah ini saya buat untuk melaksanakan tugas yang di berikan oleh dosen Manajemen jaringan Komputer.Semoga makalah ini bermanfaat dan dapat di manfaatkan dengan sebagaimana mestinya.Terima kasih


Konsep Jaringan Komputer
Jaringan komputer adalah sekelompok komputer yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya menggunakan protokolkomunikasi melalui media komunikasi sehingga dapat saling berbagi informasi,aplikasi dan perangkat keras secara bersama-sama.
Tujuan Membangun Jaringan Komputer
Jaringan komputer dibangun untuk membawa informasi secara tepat tanpa adanya kesalahan dari sisi pengirim maupun sisi peneerima melalui media komunikasi.
Manfaat Jaringan Komputer
Jaringan komputer mempunyai beberapa manfaat,antara lain :
·         Pengguna dapat saling berbagi printer dengan kualitas tinggi ataupun perangkat keras yang lain sehingga biaya pengadaan perangkat bisa lebih efisien.
·         Jaringan komputer membantu mempertahankan informasi agar tetap up to date.Sistem penyimpanan data terpusat yang dikelola dengan baik memungkinkan banyak pengguna mengakses data dari berbagai lokasi yang berbeda dengan hak akses yang bisa diatur secara bertingkat.
·         Proses sharing data menjadi lebih cepat
Untuk menjaga jaringan komputer tetap handal dan dapat melayani pengguna secara terus menerus,maka perlu dilakukan perawatan terhadap jaringan komputer.Untuk itu diperlukan administrator jaringan untuk menjaga dan melakukan perawatan terhadap jaringan komputer.
Seorang administrator sistem jaringan adalah orang dipekerjakan untuk menjaga dan mengoperasikan komputer sistem dan / atau jaringan. Sistem administrator mungkin menjadi anggota dari suatu teknologi informasi departemen.Seorang administrator sistem harus menunjukkan campuran keterampilan teknis dan tanggung jawab dalam rangka untuk melaksanakan pekerjaan mereka dengan baik.
Administrator bertanggung jawab atas keamanan dari jaringan dan untuk menetapkan IP alamat ke perangkat yang terhubung ke jaringan. Menetapkan memberikan alamat IP subnet administrator kontrol atas personil yang terhubung ke subnet. Hal ini juga membantu untuk memastikan bahwa administrator mengetahui setiap sistem yang terhubung dan yang secara pribadi bertanggung jawab untuk sistem.
 
Fungsi dan Tugas Administrator Network adalah untuk mengenal dan mengetahui secara dalam mengenai interkoneksi sistem komputer dan sumber daya yang ada dalam jaringan. Admin dapat berarti seorang manajer atau tim manajerial yang bertanggung jawab terhadap jalannya jaringan.



Fungsi dan Tugas Administrator jaringan dijelaskan lebih lanjut dibawah ini :
1.      Membuat dan Mengatur User Account
Dalam sebuah perusahaan yang mempunyai jaringan computer,seorang admin bertugas mengatur user dalam jaringan tersebut.Untuk memberikan hak akses berbagai sumberdaya jaringan kepada para pengguna maka harus dibuat terlebih dahulu user dan group untuk tiap-tiap pengguna. Berdasarkan scope nya user account dapat dibedakan menjadi 2 jenis :
·         Local user account
Adalah account yang terdapat di suatu komputer baik DC maupun klien dan hanya dapat digunakan untuk login ke komputer dimana account tersebut dibuat.
·         Domain user account
Domain user account adalah account yang memiliki cakupan di seluruh domain, dan dibuat dengan menggunakan faslitas Aktif Directory yang terdapat di Domain Controller. Domain account dibuat di DC dan dapat digunakan oleh pengguna untuk login ke dalam jaringan dari komputer manapun selama hak login tersebut diberikan.Berbeda dengan local account, domain account memiliki scope untuk seluruh domain sehingga policy yang ditetapkan untuk suatu account akan berlaku pula di seluruh domain.
2.      Keamanan Jaringan (Security)
Melindungi jaringan computer adalah salah satu tugas utama seorang admin jaringan.Seorang admin harus memastikan bahwa jaringan computer dalam keadaan aman dan berfungsi dengan baik.
Komputer dalam jaringan juga harus terproteksi dari ancaman pihak yang tidak berwenang dan ancaman dari virus computer.
Penggunaan antivirus yang tepat dapat menjadi salah satu pencegahan terhadap kejahatan jaringan.
3.      Management Back Up
Tugas lain dari seorang admin jaringan adalah membuat Back Up/cadangan file file server.Back up berfungsi saat terjadi hal hal di luar dugaan seperti bencana alam,kerusakan hardware yang mengancam kehilangan data,data yang terhapus secara tidak sengaja.Dengan adanya data back up,admin dapat mengembalikan data yang hilang menjadi seperti sedia kala.


4.      Troubleshoting
Troubleshooting(penanganan masalah) adalah pekerjaan sehari hari seorang admin jaringan dalam mengatasi semua permasalahan yang terjadi dalam jaringan.Seorang admin wajib menjaga aktifitas jaringan agar dapat berjalan dengan baik.Biasanya masalah yang timbul dalam suatu jaringan komputer merupakan persoalan-persoalan teknis,seperti:kerusakan komputer,terputusnya koneksi komputer,gangguan internet dan sebagainya.

5.      Update (pembaruan)
Update merupakan tugas yang terlihat mudah tetapi memiliki efek yang besar.Update ini dapat berupa update perangkat lunak maupun perangkat keras.Update perangkat lunak seperti update patch sistem operasi dan antivirus.Update perangkat keras seperti penggantian komputer seiring dengan perkembangan teknologi.
Karena tugas dan tanggung jawab administrator begitu penting,maka seorang administrator harus mempunyai skill atau keahlian dalam bidang jaringan komputer.Skill tersebut antara lain:
·         Mampu bekerja dengan hardware komputer dan memahami komponen hardware yang terdapat di dalamnya.
·         Mengetahui spesifikasi hardware yang akan dipasang pada komputer jaringan
·         Up to date terhadap perkembangan informasi
·         Menguasai sistem file dan partisi
·         Mampu mengatur atau memanajemen user user dalam suatu jaringan komputer
·         Mampu memantau jaringan komputer dengan berbagai tool yang tersedia
·         Mampu berkomunikasi dengan departemen-departemen terkait
Kesimpulan
·         Seorang administrator sistem jaringan adalah orang dipekerjakan untuk menjaga dan mengoperasikan komputer sistem dan / atau jaringan.
·         Tugas seorang administrator meliputi : manajemen user account,penanganan troublesooting,perwatan hardware dan software,update hardware dan software,dan melakukan back up dan restore
·         Seorang administrator harus menguasai hardware komputer dan memahami komponen hardware yang terdapat di dalam komputer


Penutup
Demikian makalah ini saya buat,semoga dapat bermanfaat dan dapat digunakan dengan sebagaimana mestinya.terima kasih.

0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

Post a Comment