Thursday, November 19, 2015

IDENTIFIKASI JENIS MANGGA BERDASARKAN WARNA DAN BENTUK DAUN MENGGUNAKAN METODE JARINGAN SYARAF TIRUAN (ANN) DENGAN PEDEKATAN VOTED PERCEPTRON

Latar Belakang

Kemajuan dunia penelitian saat ini telah melahirkan berbagai produk unggulan termasuk di bidang pertanian.Saat ini terdapat berbagai jenis varietas tanaman hasil dari penelitian dan juga varietas asli termasuk juga jenis jenis mangga.Bagi sebagian masyarakat,membedakan jenis bibit mangga merupakan hal yang sulit dilakukan  mengingat bentuk daun dan fisik tanaman yang hampir sama .
Oleh karena itu,pada proposal ini saya mencoba membangun sistem yang dapat mengidentifikasi serta memfilter sebuah gambar daun mangga.Penyeleksian ini didasarkan pada bentuk dan warna daun mangga.Mendeteksi warna dan garis tepi mempunyai arti yang sangat penting dalam mendeteksi gambar daun.Karena kualitas gambar yang didapat dari kamera berbeda beda,maka gambar perlu untuk diolah kualitasnya terlebih dahulu sebelum proses pengambilan fitur yang akan digunakan dalam proses klasifikasi.Dan proses yang terakhir adalah melakukan klasifikasi untuk memutuskan apakah gambar tersebut masuk dalam jenis mangga tertentu menggunakan algoritma klasifikasi.
Artificial Neural Network (jaringan syaraf tiruan) merupakan suatu struktur komputasi yang dikembangkan berdasarkan proses system jaringan syaraf biologi dalam otak. Artificial Neural Network (ANN) merupakan penjabaran fungsi otak manusia (biological neuron) dalam bentuk fungsi matematiaka yang menjalankan proses perhitungan secara pararel.

Rumusan Masalah

    Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan penyelesaian masalah adalah sebagai berikut
a. Bagaimana membangun sistem untuk memperbaiki kualitas citra agar didapat citra terbaik untuk di     ambil fitur fitur yang diperlukan
b. Bagaimana membangun sistem untuk mengekstrak fitur yang diperlukan untuk proses pelatihan         dan proses klasifikasi daun mangga
c. Bagaimana membangun dan engimplementasikan sistem untuk proses pelatihan  dan klasifikasi           menggunakan algoritma ANN Voted Perceptron 
d. Melakukan perhitungan uji akurasi sistem.

Tujuan

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan sebuah metode dalam mengklasifikasi sebuah gambar daun mangga berdasarkan warna dan bentuk daun mangga untuk digunakan sebagai alat bantu memilah jenis mangga sehingga masyarakat dapat lebih mudah menentukan jenis mangga.
Dari uraian diatas diharapkan hasil penelitian ini dapat memberi manfaat secara teoritik maupun secara praktis.
1. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi sumbangan sebagai literature serta referensi kepada     pelaku akademik dalam menjalani permasalahan identifikasi jenis mangga.
2. Hasil penelitian ini diharapkapkan dapat memberi sumbangan pemikiran kepada masyarakat umum    dan instansi – instansi terkait dalam pemilihan dan pengkelompokan mangga agar tidak tertipu oleh    oknum – oknum yang tidak bertanggung jawab.

Batasan Masalah

Adapun batasan masalah dalam Tugas Akhir ini diantaranya adalah :
Citra masukan adalah sebuah citra dengan syarat :
1. Berwarna ( bukan citra grayscale ).
2. Ukuran minimum 300x300 piksel dan maksimum 1000 x 1000 piksel.
3. Tidak termasuk citra yang berisi selain daun mangga.
4. daun yang digunakan dalam kondisi utuh.
5. Background foto daun harus rata dan berwarna lebih gelap dari daun 
6. Satu citra hanya satu jenis daun.

Jenis daun mangga yang di gunakan dalam penelitian ini adalah :
1. Daun mangga manalagi
2. Daun mangga gadung
3. Daun mangga Curut / Sengir (= Jawa )


Metodologi Penelitian
1. Studi Pustaka

a. Mempelajari sistem pengolahan citra dari buku,jurnal,paper maupun penelitian penelitian                     sebelumnya. 
b. Mempelajari teori yang berhubungan dengan segala aspel teknik yang digunakan dalam                       pengolahan citra dan ekstraksi fitur. 
c. Mengusulkan satu sistem deteksi gambar daun berdasarkan deteksi warna dan garis tepi. 


2. Pengumpulan Data

Data yang di ambil untuk menentukan gambar daun mangga diperoleh dari data primer dan data sekunder
a. Data Primer
- Melalui wawancara dengan pakar
- Melakukan pemotretan obyek daun langsung di lapangan
- Studi literature melalui buku
b. Data Sekunder
- Melalui Model Pencarian data di internet



3. Analisa dan Perancangan Sistem

a. Merancang sistem perbaikan kualitas citra sebagai langkah awal untuk mendapatkan kualitas               citra terbaik untuk diproses di tahap selanjutnya 
b. Merancang metode untuk mendeteksi warna dan garis tepi. 
c. Merancang metode untuk ekstraksi fitur menjadi datasheet yang akan diolah menggunakan                 algoritma klasifikasi.Di sini fitur fitur yang digunakan adalah fitur Green,nilai Circularity dan             Compactness untuk fitur bentuk,Mean dan standart deviasi untuk fitur analisis tekstur
d. Merancang sistem pelatihan dan klasifikasi menggunakan ANN Voted Perceptron 

4. Implementasi

Melakukan implementasi hasil perancangan pada suatu program aplikasi. Bahasa pemrogramman yang digunakan adalah Java pada komputer personal dengan sistem operasi Microsoft Windows 7.

5. Uji Coba Evaluasi

Sistem diuji untuk mengetahui hasil keluaran dari sistem. Citra masukan adalah citra yang diperoleh dari hasil pemotretan sendiri. Citra masukan tersebut disimpan dalam folder yang memisahkan antara beberapa jenis daun, sehinga mempermudah proses pengujian. 
Uji coba dilakukan untuk menjawab tujuan dan permasalahan dalam penelitian ini. Uji coba yang dilakukan adalah : 1) uji coba pendeteksi warna daun, 2) uji coba pencarian garis tepi, dan 3) uji coba pelatihan dan klasifikasi

6. Penulisan Laporan Tugas Akhir

Menulis semua hasil dari perancangan dan pembuatan dari sistem identifikasi gambar jenis mangga berdasarkan warna dan bentuk daun.

Jadwal Kegiatan














0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com

Post a Comment